Custom Search

Thursday, May 15, 2008

Teologi Revitalisasi Pertanian

Teologi Revitalisasi Pertanian
Professor Dr. Oleh PDT नें Roeroe

Site IKUTI LAIN
Paket RUU Politik Dan Pemilu 2009 (2)
Oleh: Poltak Partogi Nainggolan

Surat PEMBACA
Pemerintah Jangan Lupakan Fasilitas bagi Penyandang Cacat

COMMENTAREN
Penutupan Tempat Ibadah Pelanggaran ham


HAL ADA tiga yang saya menarik perhatian membaca pemberitaan Harian Komentar 1994 Tahun a sixth tertanggal Sabtu 3 November 2007. Yang Ketiga HAL diberitakan ITU ialah: Pertama, दलम Home 5 Tentang Revitalisasi Pertanian, "are going somewhere?" (2), sebagai lanjutan pemberitaan tentang pokok yang sama दलम terbitan Harian Komentar sehari sebelumnya Jumat 2 November 2007 juga दलम Home 5, Yang ditulis oleh Lucky Longdong SDR A.

Beliau bekerja di BKP Dan adalah Ketua DPP HKTI utara Sulawesi. Inti daripada tulisannya ITU berkisar इवेन्ट्स Satu Mare pihak tentang keprihatinannya Akan daftar pergumulan, kalaupun bukan daftar penderitaan paragraph petani Dan keluarganya di daerah ini. ADA indikasi yang kuat lanjutnya bahwa pertumbuhan ekonomi sektor pertanian berpotensi menurun tahun ini. Sehingga beliau mempertanyakan selanjutnya bahwa ADA permasaalahan - permasaalahan yang harus ditanggulangi bersama oleh semua pihak di daerah ini god meningkatkan Nilai Tukar Petani (National TB Programme) दलम rangka besar lebih luas donation program penanggulangan kemiskinan didaerah kita ini. Dengan memajukan Yang relevant data empiris aktual beliau menunjukkan bahwa betapa dibutuhkan kerja keras paragraph stakeholders Yang terkait dengan pembangunan sektor pertanian.
Singkatnya beliau menghimbau, baik pemerintah maupun sekali engaged semua pihak, HAL दलम kita Akan memasuki tahun kedua programme Revitalisasi Pertanian Yang dicanangkan Gubernur Sulut kita इवेन्ट्स permulaan bulan Januari 2007 di Moinit Minahasa Selatan. Para petani Dan nelayan harus benar - benar didorong Dan bahkan difasilitasi sedemikian Rupa sehingga mereka mampu melakukan produksi berdasarkan good behaviour of Agriculture Dan इवेन्ट्स gilirannya boleh mendapat keuntungan worth atas korbanan Yang Yang telah dikeluarkan. Singkatnya sekali katanya memasuki tahun prayers of the programme operasionalisasi Revitalisasi Pertanian memerlukan kekuatan, bila perlu reorientasi semua pihak sedemikian Rupa sehingga keberpihakan kepada kelompok petani miskin boleh maksimal. Mereka sedang merintih untuk bisa segera keluar dari perangkap kemiskinan. दलम yang sama terbitan दलम home began 25 sekali SDR Dr. Ir Lucky Longdong security. Is, sesudah melantik Anatje Mawu - Pondaag sip sebagai Ketua HKTI mengungkapkan friend of the friend bahwa HKTI hadir di untuk menghimpun masyarakat yang berprofesi sebagai petani maupun peminat pertanian untuk menjadi आब्जैक्ट्स friend kerja bagi pemerintah terutama untuk kemajuan pertanian di daerah. Demikianlah inti sari bagian pertama दलम Harian Komentar tertanggal Sabtu, 3 November 2007.
Sebagai seorang yang dibesarkan Dan dibina suatu keluarga petani, Dan saya juga sebagai deposit hidup sebagai inspiring bagi hikmat - hikmat kehidupan, maka overshadow sungguh merasa tergugah oleh penyampaian Dr. Dan himbauan Is. Ir. Lucky Longdong M. B.Ed. . ini. Kedua, sesudah membaca pemberitaan Yang Yang berikut दलम Harian Komentar दलम sama seperti tertera Home 8. Dan inilah kesan kedua overshadow menyambung kesan pertama diatas toddy. दलम bagian ini diberitakan tentang donation ceremony Kompetensi Kreativitas - Siswa from SD Sulut diuji Yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Nasional Sulut इवेन्ट्स tanggal 1 - 3 November 2007 bertempat di BPKB Diknas Sulut di bahu Malalayang. Perwakilan Siswa SD dari Kabupaten / quota telah mengikuti ceremony tersebut. Site Menurut ITU selanjutnya bahwa puluhan Siswa Perwakilan Kabupaten / quota of Sulut - menunjukkan kebolehannya दलम bidang - bidang Kompetensi Bahasa Indonesia, Kompetensi membuat Alat Teknologi Sederhana, Kerajinan Tangan, Kreativitas Seni Lukis Dan Kompetensi Menggunakan Teknologi Informasi (Komputer). Tujuan kegiatan ini menurut Satker Peningkatan Mutu SD Diknas Sulut SDR Jenry Sualang S.Pd. , Ialah untuk memberikan wadah bagi siswa SD untuk berkreasi Dan berinovasi dengan mengedepankan sportivitas दलम mengembangkan diri secara optimal, sehingga आब्जैक्ट्स meningkatkan mutu pendidikan Dan sekaligus untuk menseleksi siapa yang terbaik untuk dipersiapkan इवेन्ट्स donation ceremony Kompetensi Kreativitas Siswa SD Tingkat Nasional. Site Membaca ini maka overshadow mengusahakan diri untuk menyaksikannya इवेन्ट्स besok harinya tanggal 3 November, tetapi e mercy kegiatan ITU sudah ditutup इवेन्ट्स pain Hari tanggal 2. Jadi tidak sempat saya yang saksikan e dimaksudkan dengan bidang kompetensi membuat Alat Teknologi Sederhana. Minat overshadow ialah untuk mecari tahu apakah sudah ADA hasil kreativitas Dan Dan inovativitas Siswa SD दलम Bidang Kegiatan Pertanian juga. Seandainya belum, maka mencatatkan HAL saya saya yang ini melengkapi kesan toddy pertama di atas.
Ketiga, ialah masih दलम pemberitaan Harian Komentar toddy दलम Home 11, ialah tentang penyelenggaraan Pameran Kegiatan Teknologi Tepat times (TTG) इवेन्ट्स tanggal 6 - 10 November di Manado Convention Centre (MCC) Akan yang dihadiri sekitar 3000an orang Dan mempertunjukkan Kegiatan TTG ITU dari 33 Provinsi di seluruh tanah air. दलम acara inipun hanya mendapat kesempatan menyaksikan Dua HAL saya yang saya relevant menarik perhatian, ialah tentang upaya memproses kelapa hingga 12 jenis hasil Dan Yang menyolok sekali tentang pembuatan mesin atau alat untuk menghasilkan cocosolar (minyak solar dari kelapa) dari Jawa Tengah.
Dan Yang berikut ialah hasil pengolahan mutiara dari Mataram yang juga relevant menggembirakan. Yang lain - lain sekali engaged saya tidak sempat saksikan. Tetapi saya yang tahu pula bahwa Bupati Minahasa Selatan Drs. RM Luntungan sempat membeli 20 mesin penuai padi sehingga menjadi beras, mesin berupa traktor kecil digerakkan dengan yang remote control, Yang dihasilkan oleh Sulawesi Selatan. Tiap kecamatan di Kabupaten MinSel, mendapatkan Yang Satu Mare mesin berharga 25 juta Rupiah. Dan इवेन्ट्स Hari Jumat tanggal 9 November ybl sudah Beliau demonstrasikan penggunaannya Save di - Save Lelema - Popontolen khususnya pagi paragraph petaninya.
Atas toddy de saya sudah katakan bahwa ketiga HAL ini berkesan sekali bagi saya apalagi tergugah oleh penyampaian Dr. Dan himbauan M. Longdong B.Ed. Ir lucky .. Dari Kegiatan donation ceremony Kreativitas Inovativitas Siswa - Sulut, SD, kalau saya tidak khilaf, belum terbit menat the pertanian Dan agroindustri serta agrobisnis दलम kegiatan - kegiatan ITU. Dan dari pengamatan relevant terbatas saya yang saya दलम Pameran TTG toddy ITU mendapat kesan bahwa daerah - daerah lain rupanya (jauh) lebih maju dari इवेन्ट्स bidang kegiatan kehidupan yang kita disini दलम General penting ini, ialah pertanian Dan agroindustri serta agrobisnis khususnya di Tanah Minahasa ini . HAL इवेन्ट्स Tanah Dan Iklim serta Kelautan sekeliling kita bukan main kekayaan sumber mercy alamnya.
Laloo sekali engaged sebagai inspiring hikmat - hikmat kehidupan, maka overshadow tergugah Dan hendak mengemukakan HAL HAL berikut Yang Yang Yang kiranya memenuhi sebagian kecil SDR Dr. diharapkan Ir Longdong tadi.Bagi kita masakini disini दलम rangkaian pokok percakapan kita tentang Revitalisasi Pertanian, maka biarlah kita perhatikan HAL HAL Yang berikut ini. Pemahaman kita sekarang tentang Pertanian Dan oleh sebab ITU Revitalisasi Pertanian, maka terkandung didalamnya, Dan inilah juga program prioritas Pemda kita di daerah ini ialah: Peternakan, Perikanan return air tawar Dan Perikanan, Kehutanan Dan Pembangunan Pedesaan, serta segala Industri Dan Dan Perdagangan atau Agroindustri Agrobisnis, Lalu Produksi Alat - alat Teknologi Pertanian mulai dengan yang Sederhana. Berbarengan dengan ITU perenungan Dan reorientasi Pendidikan di segala arasy untuk menggairahkan menghidupkan Dan menggiatkan Pertanian दलम pengertian komprehensif ini. Sumbangan pikiran sekadarnya berkisar इवेन्ट्स saya yang saya sebut Teologi Revitalisasi Pertanian. Maksud saya dengan Teologi ialah bicara - bicara tentang Tuhan Yang दलम HAL ini disaksikan oleh Alkitab Perjanjian Lama Dan Perjanjian Baru. Dan bicara - bicara tentang Tuhan disini आब्जैक्ट्स dilanjutkan dengan mengatakan berupaya memahami edict KehendakNya bagi kita kini Dan Dan disini berkenaan dengan yang kita sebut juga Pertanian, Dan oleh sebab ITU juga Revitalisasi Pertanian, दलम pengertian yang sudah disinggung diatas toddy, yakni menghidupkan, menggairahkan donation menggiatkan engaged semua pihak, baik Pemerintah maupun Swasta, Dan segala sesuatu yang berkenaan dengan Pertanian.
HAL दलम ini menunjukkan saja saya god kesederhanaan इवेन्ट्स tiga bagian दलम Alkitab ITU. Pertama: ialah दलम kesaksian Kitab Kejadian, kitab pertama दलम Perjanjian Lama, fasal, - 2 ayat 8 Dan seterusnya. Disitu kita mendengarkan kesaksian tentang karya Tuhan membuat Taman di Eden bagi pemukiman manusia yang dibentukNya. DitumbuhkanNya berbagai - bagai pohon dari bumi Taman di Eden ITU,. . . . . untuk dimakan buahnya. Laloo दलम ayat 15 dstnya kita menyaksikan bahwa Tuhan Allah mengambil manusia ITU menempatkannya दलम Taman Dan Dan Eden untuk mengusahakan memelihara Taman ITU. . . . . Istilah masakini untuk yang disebut mengusahakan Dan memelihara Taman atau tempat pemukiman manusia ITU ialah a. L Pertanian. Inilah kehendak Tuhan Allah Pencipta bagi manusia sejak load jadinya. Sekali engaged supaya manusia ITU berupaya demikian Rupa mengusahakan, yakni mengolah tanah Taman Kehidupan ITU dengan kerja keras, rajin, tabah Dan tekun tetapi juga untuk memelihara, merawat Dan melestarikannya. Dan Dan semua ini god kehidupannya sendiri rekan - rekan ciptaanNya. Biarpun harus dengan bersusah - payah. . . . . Dan dengan perpeluh untuk memperoleh rezekimu dari tanah ITU. HAL terakhir inipun karena ADA ITU sendiri langkahi manusia yang tidak dikehendaki Tuhan Yang Allah, yakni Ca Mau menjadi sama seperti diameter (ayat 5) Lalu melupakan bahwa diameter adalah ciptaan bukan Pencipta seperti Maharashtra Tuhan. Namun ADA deposit juga dari diameter untuk menciptakan juga दलम batas - batas Dan kemampuiannya sebagai manusia ciptaan.
Jadi आब्जैक्ट्स kita katakan sekarang juga bahwa mengolah, mengusahakan Dan memelihara Tanah tempat Pemukiman atau Bertani ITU adalah edict deposit donations kehendak Tuhan Allah Pencipta bagi kita sekarang ini juga god kehidupan Dan keselamatan kita. ITU malahan berkat, bukan kutuk, karena Airlines menghidupkan. Jadi apabila mengabaikan deposit Maharashtra Tuhan ini, yaitu Revitalisasi Pertanian, bagi kita sekarang ini, artinya kita lebih memilih terkutuk bersedia untuk musnah Dan Dan lenyap, dari इवेन्ट्स hidup selamat beroleh berkatNya. Dan HAL ini bukan hanya bagi para petani, melainkan bagi kita sekalian dengan segala keprihatinan Dan keperhatian serta keterhubungan kita langsung atau tidak langsung dengan usaha Dan upaya mengolah pertanian, agroproduksi, agroindustri Dan agrobisnis. Dan began apabila kita mengatakan bahwa kita umat beragama Yang percaya इवेन्ट्स Kehendak edict Dan Tuhan ini, maka kita bukan hanya seperti Dr. Yang diharapkan Ir Longdong toddy if supaya kita semua, Yang Yang इवेन्ट्स hakekatnya adalah stakeholders menikmati hasil pertanian didaerah ini, supaya kita mengadakan reorientasi mind set atau CARA berpikir kita sambil langsung atau tidak langsung paling kurang memperhatikan pertanian ini god kehidupan kita Dan Anak cucu kita dimasa home. HAL Melainkan ini terutama adalah edict Dan Kehendak Maharashtra Tuhan bagi kehidupan kita. Bahwa Bapak Gubernur kita mengamanatkan Revitalisasi Pertanian didaerah kita ini, marilah kita menyambutnya bukan hanya sebagai cita - cita Pemerintah, melainkan sekali engaged terutama sebagai penghayatan Dan Dan pengamalan edict Kehendak Tuhan Pencipta bagi kita. Jadi dimana mungkin Dan berkesempatan If supaya दलम CARA kita sendiri - sendiri menjadi "petani - petani" Yang ulung juga diatas tanah Taman Eden anugerah Tuhan Allah kepada kita didaerah Tanah Minahasa Sulawesi utara Dan ini दलम Rangka Revitalisasi Pertanian. Atau paling kurang kita masing - masing membangkitkan keprihatinan Dan keterhubungan hidup kita dengan segala aspek Revitalisasi Pertanian seperti yang dimaksudkan diatas toddy.
Kita lanjut sebentar engaged dengan memperhatikan Site kitab Ruth दलम Perjanjian Lama ITU. दलम ayat terakhir Kitab ITU, yakni fasal 4 ayat 21 dan 22 dikatakan bahwa: सलमोन memperanakkan बोआज, बोआज memperanakkan Obed, Obed memperanakkan Isai Isai memperanakkan Dan David. Dan King David inilah yang kemudian menjadi Kerajaan Kesatuan Israel राया (sekitar tahun 1000 - 960 sebelum Kristus) Yang relevant disanjung - sanjung sepanjang month, biarpun diameter tidak luput dari segala kelemahan - kelemahan Dan segala dosa - dosanya sebagai manusia. Bahkan दलम Injil Matius fasal 1 ayat 1 segera disebutkan bahwa: Inilah silsilah Yesus Kristus, Anak David, Anak Abraham. Dan Dan Yang दलम ayat 16 mendahuluinya dijelaskan bahwa Joseph Maria suami adalah dari keturunan King David ini. Nah begitulah silsilah Yesus Kristus, Juru Selamat Dunia.
Tetapi sebelum lanjut dengan salah Satu Mare pengajaran Yesus Kristus nanti, kita kembali engaged dulu kepada बोआज दलम Kitab Ruth diatas toddy. Siapakah sebenarnya बोआज ini. दलम fasal 2 sampai 4 Kitab Rut ini dikisahkan bahwa diameter adalah seorang petani pengusaha Yang Yang Dan Saleh relevant berhasil serta patuh इवेन्ट्स adat - istiadat keluarga Dan marganya. Tetapi diameter adalah juga seorang lelaki bujangan. Kisah pertemuan petani ulung ini dengan calon istrinya dikisahkan relevant romantis Dan mengharukan sekali दलम Kitab Rut ini. Dengan begitu बोआज memperistrikan janda muda cantik orang asing dari seberang, tetapi Yang mengorbankan segala - galanya untuk mengikuti mertuanya Naomi, dengan pengakuannya Yang menonjol hebat: "... Bangsamulah bangsaku Dan Allahmulah Allahku.....". (Fasal 1 ayat 16). Namanyapun dikekalkan दलम एनएएमए kitab ini, yakni Rut. Bahkan sebagai istri बोआज namanyapun tetap terdaftar Dan diingat hingga menjadi nenek moyang istrinya yakni Maria Joseph Dan Ibu Yesus Kristus.
Nanti tidak kita Akan memasuki Minggu Lama began with the advent minggu di bulan Desember 2007 ini, artinya minggu - minggu menantikan atau menjelang Perayaan Natal Yesus Kristus. Sebaiknya jugalah apabila Buku Ruth ini menjadi bahan renungan kita. Atau biasanya paragraph pemuda senang juga mengadakan acara - acara pertunjukan atau "sandiwara" menjelang Natal. इवेन्ट्स tempatnya jugalah बोआज Dan Ruth Roman ini dijadikan bahan pertunjukan ITU. Asal harus ditonjolkan juga pemeran utama ITU yakni Naomi, Ruth बोआज Pemuda Petani ulung Dan Dan Dan berhasil serta baik budinya ITU tentu sekali bagian After all penyajian serta maksud penulisan Kitab Rut ini. Dengan begitu kiranya Akan menjadi bahan motivasi juga bagi generasi muda kita menjelang perayaan Natal tentang peran Pemuda Petani ulung Dan baik budinya ini. Dan inipun sebagian dari Teologi Revitalisasi Pertanian untuk menggairahkan generasi muda tentang hubungan erat Antara Petani Dan Natal Yesus Kristus, Antara Revitalisasi Pertanian masakini Dan Keselamatan Dunia mulai dengan dunia kita di daerah kita ini.
Ketiga ialah pengajaran Yesus Kristus, diameter yang disebut - sebut diatas toddy, pengajaranNya Yang disaksikan दलम Injil Matius Fasal 25, 14 - 30 dan membandingkannya dengan Injil Lucas 19, 12 - 27, the yang dikatakan Perumpamaan tentang Talenta.
A site inti atau pengajaran Yesus दलम perumpamaan ini? Is. Didalamnya disajikan tentang tiga orang "hamba". Sebenarnya membaca Akan jalannya Dan ISI pengajaran ini, maka दलम Bahasa sekarang ini disitu dikemukakan tentang sikap tiga orang "pengusaha" atau "manager" Yang masing - masing beroleh Lima, tiga Dan Satu Mare "modal". Yang Dan Lima mendapat modal diameter pergi "menjalankan uang atau modal" ITU sehingga memperoleh Lima keuntungan atau "profit" atapun "bonus" (Bahasa sekarang ini) is engaged. Mendapat Dua modal yang juga berbuat demikian Laloo beroleh juga 2 bonus is engaged. Tetapi ketiga Dan Yang Yang Satu Mare hanya mendapat memang cuma modal, mengira bahwa pemberi modal ITU penjahat sehingga dibenamkannya Satu Mare - satunya modal ITU kedalam tanah. Jadi tidak dijalankannya atau, Bahasa sekarang ini, tidak berusaha atau tidak diputarnya modal ITU, atau tidak diperkembangkannya. Sekali engaged karena beranggapan bahwa pemberi modal ITU penjahat, atau sebenarnya diameter bodoh, tidak berinisiatif, tidak kreatif Dan oleh sebab ITU tidak produktif, hanya menyimpannya kedalam tanah, Dan tentu "karatanlah" atau "bakaratlah" modal ITU. Maka Pemberi modal berkata baik kepada ITU pertama maupun kepada Yang Yang kedua bahwa mereka adalah pengusaha - pengusaha atau manager Yang maneger baik, Dan oleh sebab ITU kepada mereka Akan dipercayakan "proyek - proyek" yang lebih besar Dan lebih banyak, karena terampil me - modal pemberian pemberi manage. Tetapi kepada Yang Yang Yang ketiga tolol atau malas barangkali Dan tidak berusaha, maka bukan hanya modal Yang Yang Satu Mare cuma Akan diambil daripadanya, melainkan semua yang ADA padanyapun Akan diambil Dan Akan diberikan kepada Yang pinter, terampil, rajin, tabah Dan Dan teguh berusaha menjadi Manager Yang baik bagi segala modal, anugerah Dan karunia kepadanya.
Nah biarlah kita ingat - ingat bahwa ini adalah pelajaran Yesus Kristus, Juru Selamat dunia bagi keselamatan kita juga.
Semua segi pelajaran ini adalah god keselamatan kebahagiaan kita Dan Dan Anak - cucu kita juga di kemudian Hari.
Jadi god kabahagiaan hidup di kemudian Hari ITU, maka hendaklah kita mengamalkan atau melaksanakan edict Dan Kehendak Tuhan दलम bidang Revitalisasi Pertanian ini.
Dengan cut lain sebagai buah - buah Iman kita atau sebagai hasil kegiatan keberagamaan kita kini Dan Dan disini, maka tidak boleh tidak Dan hendaknya tidak boleh diabaikan engaged melibatkan diri दलम Revitalisasi Pertanian ini disini. Dan sekali engaged harus kita hadapi HAL ini dengan tabah, tekun, rajin Dan teguh sebagai Antara lain buah - buah Iman atau hasil keberagamaan kita disini. Supaya dengan demikian kita hidup दलम berkat karena melibatkan diri dengan caranya masing - masing दलम segala kegiatan Revitalisasi Pertanian दलम Dan dengan segala aspeknya.
Apalagi kalau kita menginventarisasikan segala "modal atau karunia berupa sumber mercy Alam anugerah Tuhan Pencipta" di daerah kita ini berupa sekali began: Segala ikan return di, iklim Yang menolong, tanah subur Yang Yang ditumbuhi berjenis - jelinis tanaman kelapa, frost, cingke, vanili , Berjenis - jenis rempah - rempah lainnya, bunga - bungaan, padi, jagung, UBI - ubian, hutan biarpun sedang mengalami pembalakan false, sebutkan e saja. Dan Dan bila kita tidak tahu mengolah memelihara segala anugerah Dan karunia Maharashtra Tuhan kepada kita disini, artinya mengabaikan Revitalisasi Pertanian, maka seperti Perumpamaan Tuhan Yesus toddy, segala sesuatu ITU Akan diambil dari kita Dan Dan diberikan kepada mereka yang tahu giat "pake otak", rajin, terampil, tabah tekun mengolah Dan Dan memeliharanya god kebaikan mereka. Jangan - jangan HAL Dan fork serta kegiatan ini sudah sementara berlangsung di daerah kita ini sekarang. Dan Maka celakalah Akan musnahlah kita दलम kutuk karena kebodohan kita sendiri.
Biarlah kita ingat - ingat juga Akan Dua HAL Yang berikut:
Kita di daerah kita ini hanya bisa berada hingga sekarang ini karena ADA ketrampilan paragraph pendahulu kita tentang mengolah Dan memelihara Tanah Yang kita sebut sekarang Pertanian atau Bertani. Mereka sungguh ulet दलम HAL ini sehingga kita berada sekarang ini. Akan tetapi mengamat - Dan amati gelaja lahan tanah serta keadaan sekitar kita sekarang ini disini, seperti sudah dikemukakan juga oleh Dr. Ir Longdong toddy, harus jujur kita sekarang untuk mengatakan bahwa sudah relevant menipis ketrampilan di bidang Pertanian ITU, jangan - jangan makin saja kita abaikan.
HAL इवेन्ट्स biarlah kita ingat - ingat juga bahwa di negara - Negara yang dikatakan sudah maju, maka diameter maju juga karena perhatian yang serius इवेन्ट्स segala aspek pertanian ini. Begitulah juga yang sedang digiatkan Negara - negara tetangga kita.
Dan kalau jadinya kita perhatikan edict began to deposit donations Kehendak Maharashtra Tuhan Laloo menghayati serta mengamalkannya sebagai buah - buah Iman atau sebagai salah Satu Mare hasil keberagamaan kita, maka inilah permulaan kita untuk merubah mind set atau CARA berpikir Dan bertindak kita seperti juga Dr. Yang dimintakan Ir Longdong toddy. (**)

Kakaskasen, November 2007.

Penulis, mantan ketua Sinode GMIM. Kini Direktur Pasca sarjana UKIT.
Hindi

»
English

Translate

No comments: