Custom Search

Monday, June 2, 2008

Lang UNTUK navigaatio LAUT

Lang UNTUK navigaatio LAUT

Januar 10, 2008 Tekno-sectors tangkap

karir anda mentok, karena pendidikan tak mendukung? lanjutkan kuliah di |
temp kuliah paling fleksibel SARJANA Negeri 3 TAHUN - TANPA SKRIPSI ABSENSI HADIR BEBAS - BERKUALITAS - IJAZAH & GELAR Dari DEPDIKNAS MURAH the fury of DIANGSUR TIAP bulan-Terima pindahan dari PTN / PTS Law
MANAJEMEN - AKUNTANSI - ILMU Komunikasi - ILMU PEMERINTAHAN

022-70314141; 7313350: jl. terus halimun 37 Bandung-utkampus.net

PENGARANG: HARDI Prasetyo


Abstract

The calculation is the position of celestial objects such as the inner and the outer planets, and other well-known objects, such as the Orion, Polaris (North Star), Crux (Southern Cross), etc. is a useful support for multiple purposes. Presented to a calculation that allows programmable counter, the BASIC language of the planets and celestial objects has resulted in sufficient accuracy compared with the Ephemeris, such as ice.

Keywords: planets, stars, the location of the calculation, a computer program.


Sumber:

Jurnal sains this Teknologi Indonesia, the V3. N7, Oktober 2001, hal. 15-25 / Humas-BPPT/ANY


PENDAHULUAN

Sejak dahulu fish berbagai bend langit telah menjadi perhatian manus untuk berbagai kepentingan, diantaranya Adalah untuk penentuan Awal musim tanaman this juga untuk felt navigaatio tradisionil. Gugus Bintang yang umum dikenal diantaranya Adalah gugus Bintang di Pari langit selatan, gugus Bintang Utara Biduk (Big dipper), at home langit utara, gugus Bintang Tujuh (Pleiades), gugus Orion Bintang di langit equator of this Act sebagainya. Penguin Bintang Bintang sebagai penuntun navigaatio secara sederhana telah dipakai oleh para nelayan di Nusantara dan secara tradisional tampaknya ilmu ini tidak dikembangkan secara sempurna. Tentunya sebagai langkah Awal diperlukan pemahaman than penghitungan love a positive bend langit tersebut. Untuk penentuan positive siang di hari sering digunakan felt matahari, misalnya dengan bantuan almanakka matahari, tetapi pada umumnya nelayan berangkat melaut pada malam hari this kembali pada subuh.

Berangkat dari keadaan tersebut di atas, dikembangkan the algorithm of this piranti lunak berbahasa BASIC untuk perhitungan positive planet yang dapat diterapkan pada suatu programmable counter, the misalnya pada CASIO FX-795P.


KESIMPULAN

Dari uraian ser hasil program yang dibuat, the fury of disimpulkan beber hal:

* Perhitungan positive planet Dalam this luar dalam bentuk program komputer berbahasa BASIC yang telah dibuat mempunyai ketelitian yang memadai, tetapi untuk mendapatkan ketelitian yang lebih tinggi untuk navigaatio, maka perlu dilakukan Korean seperlunya, khususnya untuk dengan the planet's orbit eksentrisitas yang besar.
* Hasil perhitungan ini, the fury of dimanfaatkan, khususnya untuk mempermudah mencari positive planet atau Bintang pada a co-ordinated Horizon (altazimuth) misalnya untuk amateur astronomer atau untuk teleskop Pengar, perhitungan positive di Bumi dengan bantuan bend langit, misalnya untuk navigaatio laut.

Perhitungan positive planet tersebut bermanfaat pada get-mile Ephemeris belum dimiliki, tetapi perlu memperhatikan batasan ketelitian dari program tersebut.

@


Source: iptek.net.id
Finnish

»
English

Translate

No comments: