Custom Search

Monday, June 2, 2008

PENGHUBUNG MESIN PENGGERAK DENGAN generator





PENGHUBUNG MESIN PENGGERAK DENGAN generator
Of Paijo
Agar should menghasilkan listrik yang berkualitas Tinggi (tegangan this frekuensinya stable), Maka generator harus bekerja pada kecepatan putar (rpm) tertentu sesuai rekomendasi pabrik. Agar should berputar, generator harus dihubungkan dengan yang mesin penggerak should berupa engine Bakar, turbin air, turbin UAP, kincir angin, kincir air, the DSB. Agar pembangkit listrik memiliki kinerja this efisiensi maksimal, is required didesain sedemikian rupa sehingga mesin penggerak maupun generator bekerja pada kecepatan putar ideal (peak speed) masing-masing. Mencapai untuk keadaan ideal tersebut, diperlukan jenis penghubung yang sesuai dengan perbandingan kecepatan Antara tree mesin penggerak dengan tree generator. Adapun perbandingan kecepatan putar tersebut ADA 3 macam yaitu:

Pereduksi-1

Pereduksi-2

Pereduksi-3

Del exchange

1. Kecepatan putar mesin penggerak sama dengan kecepatan putar generator.
Keadaan ini untuk should digunakan sambungan direct dimana Poros mesin penggerak tersambung direct (coaxis) generator Poros dengan yang lazim digunakan pada genset engine bensin portable. Alternatif kedua should digunakan direct couple seperti yang digunakan pada mesin pemotong rumput. Alternatif ketiga should digunakan sambungan tidak direct yaitu Systems pulley-strap atau Systems gear-rantai atau Systems equipment gear (diameter pulley kedua atau jumlah Gigi kedua GIR musti sama).
2. Kecepatan putar mesin penggerak lebih rendah daripada kecepatan putar generator.
Keadaan untuk ini, diperlukan Systems multiplikasi putaran sebagai penghubung. If you prefer perbedaan kecepatan putar tersebut tidak terlalu jauh (lebih from 1: 3), should digunakan Systems multiplikasi tunggal yang cukup sederhana. Adapun Systems multiplikasi tersebut should berupa Systems pulley belt-yang terdiri dari sebuah pulley besar pada tree mesin penggerak this sebuah pulley kecil pada tree generator yang dihubungkan oleh sebuah belt. Alternatif kedua should berupa Systems gear rantai-yang terdiri dari sebuah gear (sproket) besar pada tree mesin penggerak this sebuah gear (sproket) kecil pada tree generator yang dihubungkan oleh sebuah rantai. Alternatif ketiga should berupa Systems equipment gear yang terdiri dari sebuah gear besar pada tree mesin penggerak this sebuah gear kecil pada tree generator yang saling bersinggungan.
If you prefer perbedaan kecepatan putar tersebut cukup jauh (kurang from 1: 3), is required digunakan Systems multiplikasi bertingkat yang cukup rumit. Keperluan untuk ITU, should digunakan gear type twisted sebagai of our saturated alternative banyak yang dipakai. Sedangkan exchange type WORM tidak should dipakai untuk Systems multiplikasi karena bersifat irreversibel (It should not dibalik). Alternatif lain should juga digunakan Systems pulley-strap bertingkat atau Systems gear-rantai bertingkat. Adapun banyaknya tingkat, tergantung Total Multiplication Ratio (TMR) diperlukan yang.
3. Kecepatan putar mesin penggerak lebih Tinggi daripada kecepatan putar generator.
Keadaan untuk ini, diperlukan Systems pereduksi putaran sebagai penghubung. If you prefer perbedaan kecepatan putar tersebut tidak terlalu jauh (kurang from 3: 1), should digunakan Systems pereduksi tunggal yang cukup sederhana. Adapun Systems pereduksi tersebut should berupa Systems pulley belt-yang terdiri dari sebuah pulley kecil pada tree mesin penggerak this sebuah pulley besar pada tree generator yang dihubungkan oleh sebuah belt. Alternatif kedua should berupa Systems gear rantai-yang terdiri dari sebuah gear (sproket) kecil pada tree mesin penggerak this sebuah gear (sproket) besar pada tree generator yang dihubungkan oleh sebuah rantai. Alternatif ketiga should berupa Systems equipment gear yang terdiri dari sebuah gear kecil pada tree mesin penggerak this sebuah gear besar pada tree generator yang saling bersinggungan.
If you prefer perbedaan kecepatan putar tersebut cukup jauh (lebih from 3: 1), is required digunakan Systems pereduksi bertingkat yang cukup rumit. Keperluan untuk ITU, should digunakan gear Baik yang type twisted maupun type WORM sebagai of our saturated alternative banyak yang dipakai. Alternatif lain should juga digunakan Systems pulley-strap bertingkat atau Systems gear-rantai bertingkat. Adapun banyaknya tingkat, tergantung ratio reduction from the total (RRT) diperlukan yang.
Pada sebagian besar pembangkit listrik, kecepatan putar mesin penggerak tidak sama dengan kecepatan putar generator. Oleh karena ITU, our saturated hal yang harus dilakukan dalam perencanaan Systems pembangkit listrik adalah menjembatani perbedaan kecepatan putar (rpm) ideal Antara tree generator dengan tree turbin. Available for those ITU, is required dibuat desain suatu Systems pereduksi Systems multiplikasi atau yang berfungsi mentranformasi kecepatan putar ideal tree turbin menjadi kecepatan ideal tree generator nor banyak kehilangan human. Secara prinsip, Systems pereduksi atau Systems multiplikasi adalah all systems mekanik mulai by pulley atau yang gear terpasang pada tree turbin, kemudian gear (ADA If you prefer), sampai dengan pulley gear atau yang terpasang pada generator. Jadi bukan hanya exchange saja yang merupakan bagian from Systems pereduksi atau Systems multiplikasi putaran. Demikian juga sebaliknya, Systems pereduksi Systems multiplikasi putaran atau tidak selalu berupa of the change.
Adapun perbedaan Antara Systems pereduksi this Systems multiplikasi adalah pada transformasi kecepatan yang dihasilkannya. Systems pereduksi mentransformasikan kecepatan putar Tinggi menjadi kecepatan putar yang lebih rendah. Sedangkan Systems multiplikasi mentransformasikan kecepatan putar rendah menjadi kecepatan putar yang lebih Tinggi. Systems pereduksi digunakan Jika kecepatan putar mesin penggerak (termasuk turbin) lebih Tinggi daripada kecepatan putar generator. Situasi seperti itu pada lazim ditemui plta, PLTU, PLTGU, this PLTP. Sedangkan Systems multiplikasi digunakan Jika kecepatan putar mesin penggerak lebih rendah daripada kecepatan putar generator. Situasi seperti lazim ditemui itu pada PLTMH yang menggunakan kincir lintasan sebagai tenaga penggerak. Dalam artikel hanya ini akan dibahas tentang Systems pereduksi saja. Adapun Systems multiplikasi akan dibahas dalam artikel tersendiri If you prefer ada yang request.

Systems PEREDUKSI PUTARAN
Systems pereduksi putaran yang dibahas of bawah ini should diterapkan pada all jenis pembangkit listrik maupun pada Projects expand yang memerlukan Systems pereduksi putaran secara general.
It should untuk menentukan jenis pereduksi yang paling tepat dengan kebutuhan is required diketahui dulu data from Technical mesin penggerak this generator yaitu Antara lain:
A. Kecepatan putar mesin penggerak (rpm) yang memberikan efisiensi konversi tertingi (peak speed). Kalau diinginkan, boleh juga bukan speed peak (biasanya diatasnya speed peak) dengan maksud untuk human memperoleh exit yang lebih besar namun harus real mengorbankan sedikit efisiensi.
B. Kecepatan putar generator (rpm) yang direkomendasikan oleh pabrik. Kecepatan putar generator musti mengikuti standard dengan toleransi sekitar 2-5% saja. If you prefer terlalu Tinggi atau terlalu rendah melewati law toleransinya, kualitas listrik Maka dihasilkan yang akan berkualitas rendah (tegangan this frekuensinya tidak sesuai standard).
C. Yang Yang human dihasilkan mesin penggerak (Watts atau HP) pada kecepatan kerja yang ditetapkan pada bagian to above
D. Human generator (Watts atau HP) pada kecepatan kerja yang direkomendasikan pabrik pada b bagian above
Setelah all data bagian abcd tersebut above telah lengkap, Maka langkah>> adalah melakukan Analysis of this kalkulasi dengan mengikuti langkah-langkah berikut:
1. Memastikan bahwa human mesin penggerak (data c) musti 5-10% lebih besar from human pada generator (data d), the system should agar bekerja normal sesuai harapan. Hal itu disebabkan oleh kehilangan human akibat adanya slip this atau gesekan pada Systems mekanik seperti bearing, gear, belt, rantai, DSB. Kehilangan human tersebut valid mencapai 5-10 persen dari human total. If you prefer ternyata human mesin penggerak tidak lebih besar daripada human generator, Maka musti dilakukan penggantian / perubahan rencana. Alternatif pertama adalah memperbesar human mesin penggerak If you prefer memungkinkan. Alternatif kedua adalah mengganti generator human dengan yang lebih kecil.
2. Menghitung Value of total reduction (RRT) ideal yang diperlukan berdasarkan data for a Dan b above.
3. Setelah obtain RRT ideal, langkah>> adalah mendesain rangkaian Systems pereduksi yang memiliki RRT aktual yang sama dengan RRT ideal. Jika tidak valid diperoleh yang betul-sama betul, Maka valid digunakan RRT aktual sedikit above ideal RRT DENAN toleransi maksimal 5%. Adapun pemilihan jenis Systems pereduksi yang akan digunakan, is required mempertimbangan besar kecilnya RRT dengan pedoman sebagai berikut:
• If you prefer RRT kurang from 3 should digunakan Systems pereduksi sederhana (lihat gambar). Adapun Systems pereduksi tersebut should berupa Systems pulley belt-yang terdiri dari sebuah pulley kecil pada tree mesin penggerak this sebuah pulley besar pada tree generator yang dihubungkan oleh belt. Alternatif kedua should berupa Systems gear rantai-yang terdiri dari sebuah gear (sproket) kecil pada tree mesin penggerak this sebuah gear (sproket) besar pada tree generator yang dihubungkan oleh rantai.
• If you prefer RRT lebih dari 3, is required digunakan Systems pereduksi bertingkat yang lebih rumit. Keperluan untuk ITU, should digunakan Systems pereduksi bertingkat Baik-belt pulley systems maupun Systems rantai-gear. Adapun banyaknya tingkat, tergantung from RRT diperlukan yang. If you prefer RRT kurang from 3, cukup saturated tingkat. If you prefer RRT Antara 3 dan 9, 2 tingkat valid. If you prefer RRT Antara 9 dan 27, valid for 3 tingkat. If you prefer this RRT lebih by 9, is required dipertimbangkan penggunaan exchange agar tidak terlalu rumit. Adapun exchange yang should digunakan should dipilih yang type twisted maupun type WORM. Selain harus memilih rasio yang tepat, pemilihan exchange juga wajib memperhitungkan kekuatan yang harus dipikulnya agar tahan blade this efisien. Currency yang terlalu kecil, akan cepat rusak. Kalau terlalu besar, Boros biaya this tidak efisien karena banyak kehilangan human. Mengenai type of exchange-type twisted yang lebih on aman from pada WORM If you prefer to type digunakan untuk memutar Beban yang mempunyai momentum anguler seperti yang besar generator. Karena bersifat irreversibel, gear type WORM valid rontok If you prefer belt penghubung turbin this change putus ketika sedang berputar kencang. Hal itu disebabkan oleh momentum anguler generator yang akan memaksa bagian output exchange untuk tetap berputar selama beberapa Saat sebelum momentumnya Habis this berhenti. Hal itu tidak akan terjadi pada exchange type twisted If you prefer belt tersebut putus karena bersifat reversible. Sifat irreversible pada exchange type WORM disebabkan oleh konstruksi gearnya seperti yang berbentuk mekanik pemutar senar gitar. Dengan konstruksi seperti ITU, pemutar should menggerakkan penggulung senar, tapi penggulung senar tidak valid menggerakkan pemutar this Jika dipaksa valid rontok. Currency pada mobil apapun, semuanya type twisted, jadi Meals aman dipakai untuk Dinamo. Tetapi should dipakai hanya If you prefer rasionya cocok. Rumus untuk menghitung rasio exchange type helical (Jika tidak dicantumkan rasionya) adalah:
Sedangkan rasio exchange type WORM lebih mudah dihitung karena rasionya sama dengan jumlah Gigi pada outputnya gear.
Catatan:
If you prefer akan menggunakan Systems pulley-strap atau Systems gear-rantai Baik tunggal maupun bertingkat, Ada as menghitungnya tersendiri (lihat CONTOH pada gambar). Demikian juga If you prefer menggunakan Systems gear-rantai, RRT aktual valid as dihitung dengan yang sama dengan hanya mengganti diameter pulley menjadi jumlah Gigi. Hal itu tidak diuraikan panjang Lebar disini karena pilihan anda sudah mengarah exchange mobil kepada yang sudah diketahui rasionya. If you prefer seandainya rasio exchange mobil yang akan dipakai belum diketahui valid dibuatkan sketsanya this description of jumlah Gigi-giginya serta arah putarannya untuk dihitung secara tepat rasionya. Tentu saja harus dihitung sendiri-sendiri secara terpisah untuk tiap-tiap nomor speed (perseneling) mulai dari perseneling 1 sampai maximum speed (perseneling tertinggi) yang are available. Caranya sederhana asal ADA sketsa this datanya. Sendiri Saya tidak punya tentang rasio data from mobile exchange sehingga harus menghitungnya dulu ketika membutuhkan.
Thanks Dan Salam eksperimen.

No comments: